Berita Terbaru :

Google Translate

BlogUpp!

Custom Search
Browse: Home / Robot Pemain Musik (Hubo +)

Robot Pemain Musik (Hubo +)

Peran manusia dalam memainkan alat musik dan bernyanyi sepertinya akan bersaing dengan para robot. Tanpa terdengar nada-nada yang meleset, para robot yang beraksi di panggung berkolaborasi memainkan lagu The Beatles berjudul 'Come Together'.

Dengan irama yang sempurna, empat robot HUBO dari Universitas Drexel memainkan lagu The Beatles "Come Together" (Dok. Dailymail)
Robot humanoid yang disebut HUBO+ mampu berjalan, menari, bermain alat musik dan bahkan menyanyi dengan bantuan synthesizer suara
Grup band yang semua personilnya robot itu bernama The Hubos. Mereka memainkan alat musik yang disebut 'Hubophones', yang terbuat dari pipa paralon panjang dan dirancang khusus untuk menghasilkan bunyi yang indah. Sedang satu personil The Hubos menjadi penabuh drum.

Robot humanoid yang disebut Hubo+ itu bernyanyi dengan bantuan synthesizer suara. Saat bernyanyi, akan muncul lirik atau pun ikon berupa gambar dari bagian wajahnya. Robot ini diciptakan oleh Matthew Prockup dari Universitas Drexel Philadelphia.

Sementara salah satu dari empat robot memainkan drum kit normal, tiga orang lainnya memainkan instrumen yang dirancang khusus yang disebut Hubophones yang terbuat dari bahan yang berbentuk pipa besar
Untuk membuat noise pada hobophones, robot memukul pipa dengan drumstick dimodifikasi secara khusus
Setiap robot memang telah diprogram untuk memainkan perannya dalam memukul alat musik, dan menghasilkan nada indah. Pengembangan dan pembuatan robot dilakukan oleh Korea Advanced Institute of Technology (KAIST).

Namun, lagu Beatles yang dimainkan oleh The Hubos diprogram oleh peneliti robotik Amerika yang ada di Universitas Drextel, yang juga memprogram robot agar bisa berjalan, lari, menari, dan melompat.

Bila tidak lirik lagu tidak berkedip, grafis yang khusus diciptakan akan muncul di layar biasanya digunakan sebagai wajah robot
Robot HUBO dirancang dan dikembangkan oleh Korea Advanced Institute of Technology tapi oleh para peneliti Amerika di Universitas Drexel diprogram untuk berjalan, berlari, menari dan melompat
"Saya berharap suatu hari nanti robot bisa menjadi hal yang umum di rumah," ujar Youngmoo Kim, profesor teknik elektro dan komputer, yang juga asisten dekan teknologi media di College of Engineering Drextel dan direktur laboratorium Music and Entertainment Technology (MET), seperti yang dilansir dari Dailymai.

Setiap robot diprogram untuk memainkan perannya masing-masing, tidak dikontrol oleh manusia dan setiap suara dalam video itu dihasilkan oleh robot itu sendiri
Kim menambahkan bahwa robot telah merubah bidang manufaktur, tetapi robot-robot di pabrik tidak bisa melakukan sesuatu yang dilakukan oleh manusia. Ini berbeda pada The Hubos yang bisa bermain musik laiknya manusia.

"Kami membayangkan sebuah dunia dimana robot dapat membantu orang-orang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Karena, robot saat ini dirancang untuk bisa menangani pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia," pungkas Kim.

Mau melihat aksi panggung The Hubos? Berikut infoteknomedia tampilkan rekaman videonya.



Bagaimana sobat cukup menarik yah karna di jaman modern ini robot bukan hanya pintar memainkan bola, bermaian dan melayani, karna sekarang sudah ada juga tuh Robot Pemusik Hubo+.

Sumbernya : Disini Sobat

Semoga Bermanfaat Sobat....^_^.., Thank's

Artikel Terkait di Bawah posting

2 comments:

Boby Aoliya mengatakan...

keren banget tuh kang robotnya :O
oh iya maaf kang saya jarang ngunjungin blog akang, soalnya saya sibuk nih, bentar lagi UN

Terima Kasih Boby Aoliya Atas Kunjungan Dan Komentarnya..
by Infoteknomedia-admin
ando_aja mengatakan...

@Boby Aoliya:ga apa2 sob, sobat fokus aja untuk UN dlu supaya nilainya bagus2 sob..., good luck aja sobat..., makasih banyak sudah sempat berkunjung sobat.. :15




:25 :26 :27 :28 :29 :30 :31 :32
:33 :34 :35 :36 :37 :38 :39 :40
:41 :42 :43 :44 :45 :46 :47

Saya tidak online 24 Jam dan hanya sendiri mengurus blog ini, mohon maaf bila komentar anda yang tidak di terbalas. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar. Komentar SPAM, SARA, dan sejenisnya tidak akan di tampilkan. dan Terima Kasih Atas Kunjungan serta Komentar Anda.
Poskan Komentar Anda Di Bawah ini :

 

Followers

Komentar Baru

widget by infoteknomedia
Buy me a cup of coffee

About Me

Copyright 2012 Teknologi Dan Media Informasi | by admin | Supported by infoteknomedia